www.sportjatim.com

Switch to desktop

Tenis Meja Pelatnas Datangkan Atlet China

MANTAN petenis meja nasional Anton Suseno yang kini menjabat sebagai Pelatih Kepala Tim Pelatnas Tenis Meja Indonesia menghadapi SEA Games Myanmar 2013 mendatang optimistis anak-anak asuhannya mampu meraih prestasi terbaik di ajang multievent dua tahunan itu.

“Persiapan SEA Games sudah berjalan, kami mempersiapkan 7 pemain putra dan putri. Nantinya, jumlahnya akan kami ciutkan lagi jelang entry by name,”tandas Anton Suseno kepada Sportjatim.com, Selasa (27/11).

Dikatakan, dari 14 pemain itu, ia akan menggelar sistem promosi dan degradasi (promdeg) mengingat ketatnya peta persaingan tenis meja di Kawasan Asia Tenggara saat ini.”Dalam mempersiapkan tim kami tidak main-main. Kami banyak belajar dari kegagalan di SEA Games sebelumnya. Untuk itu, kami sengaja mempersiapkan materi pemain lebih banyak agar lebih kompetitif lagi,”tandas mantan petenis meja di era 90-an itu.

Ia juga mengatakan, materi petenis meja yang tengah dipersiapkan menghadapi SEA Games 2013 nanti terdiri dari gabungan pemain senior dan junior. Penggabungan ini dimaksudkan agar tim lebih solid lagi.

“Peran para pemain senior seperti Yon Mardiyono, Muhammad Husen dibagian putra, Silir Rovani dan Christine Ferliani di sektor putri masih sangat dibutuhkan untuk mengawal para juniornya,”ungkap Anton Suseno.

Dalam melakukan Pelatnas, tim tenis meja Indonesia tidak menjadwalkan program ujicoba ke luar negeri. Melainkan, mendatangkan para petenis meja dari luar negeri. Pertimbangannya, selain efisiensi dana juga agar lebih berkualitas.

“Kami telah membuat program ujicoba dengan mendatangkan petenis meja terbaik dari China. Nantinya, secara bergiliran mereka akan berlatih bersama dengan paraatlet Pelatnas. Ketimbang berlatih di luar negeri tapi nggak jelas siapa lawan yang dihadapi,”papar Anton Suseno lagi.  

Di ajang SEA Games nanti, tim tenis meja Indonesia menargetkan perolehan dua medali perak di nomor tungggal dan ganda putra. “ Di dua nomor ini kami tetap mengandalkan Muhammad Husein dan pasangan baru M.Husein dan Yon Mardiyono. Di sektor tunggal putra syukur-syukur M.Husein mampu meraih emas. Namun, target kami sendiri dibawah Singapura dan diatas negara lainnya,” kata dia.

 Tidak seperti pelatnas sebelumnya, persiapan tim tenis meja Indonesia didampingi oleh pelatih fisik khusus yakni, Nandang Ekalaya. Peran pelatih fisik diperlukan untuk lebih mematangkan persiapan.

Dalam menangani tim pelatnas tenis meja, Anton Suseno juga dibantu oleh dua asisten pelatih yakni, Ismu Haryanto dan Reno Handoyo dengan Manajer Dawran Ali.

Sedangkan anggota Pelatnas terdiri dari, Muhammad Husein, Yon Mardiyono, Vicky Supit, Gilang Maulana, Donny Prasetyo, Dahlan, Syaiful Lakoro, serta Heri Siswanto. Sementara dibagian putri, Christine Ferliana, Fauziah Yulianti, Silir Rovani, Nurazizah, Stella Kailit, Widya, Nur Oktaviani,serta Mira.

Share this post