www.sportjatim.com

Switch to desktop

Perisai Putih Gelar Invitasi Silat Nasional

PERGURUAN Silat Nasional (PSN) Perisai Putih menggelar Invitasi Pencak Silat Terbuka sebagai pekan apresiasi nasional atas berbagai perguruan silat, berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, 15-18 November 2012.

Kejuaraan yang diikuti ratusan peserta itu akan memperebutkan piala DR Ir HM Hatta Rajasa yang merupakan Menko Perekonomian Republik Indonesia.

"Ini merupakan apresiasi terhadap berbagai perguruan silat yang ada di Indonesia. Sebab kami menggelarnya secara terbuka dan tidak hanya diikuti oleh para anggota PSN Perisai Putih semata," ujar Ketua Panpel H Iskandar di Jakarta, Rabu malam.

Dikatakannya, pihaknya sengaja mengundang berbagai perguruan silat sebagai ajang silaturahim diantara para pesilat yang menjunjung tinggi seni bela diri dan budaya khas Indonesia.

Sementara Ketua Dewan Pendekar Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Icu Zukafril mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan aajang yang langka PSN Perisai Putih membuka kesempatan kepada peserta lain.

"Tetapi ajang ini juga sekaligus merupakan ajang regenerasi karena kita-kita ini sudah pada tua. Saya juga mengimbau kepada generasi penerus agar dapat membuat kejuaraan secara maksimal," ujarnya.

Dikatakannya, dalam kejuaraan terbuka tersebut PB IPSI juga akan melakukan pengukuhan terhadap beberapa tokoh sebagai Pendekar Kehormatan.

"Dalam acara nanti kita juga akan bertukar cendera mata, yakni nilai-nilai sejarah dan budaya pencak silat yang mengandung tujuh unsur," ujarnya.

Sementara H Iskandar menambahkan, pada kejuaraan nanti akan dipertandingkan kelas-kelas golongan dewasa yang melibatkan pesilat dari usia 17 sampai 35 tahun.

"Kejuaraan ini mendapat rekomendasi dari PB IPSI dan kami mengundang peserta dari Pengda-pengda dan klub-klub kecil," ujar Iskandar.

Share this post